SELAMAT DATANG

Selamat datang di blog saya, semoga anda diberkati, Tuhan Yesus mengasihi anda.
Jika membutuhkan pelayanan saya silahkan menghubungi email dave_kandar@yahoo.com; atau Hp. 0813-6409-5029.

Tentang saya

My photo
Pelayanan di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Getsemani Binjai Sumatera Utara sebagai asistan gembala sidang dan gembala Pos Pelayanan di Brahrang (2004-2011). Gembala Sidang GMI Damai Sejahtera Jakarta Barat (2011-2013). Asistan gembala sidang di GMI Anugerah Batam (2013-2014). Gembala Sidang GMI Kana Marelan (2014-2015). Pimpinan Perguruan PKMI Methodist-10 TK-SD-SMP Belawan (2015-2018). Asistan Pimpinan Jemaat GMI Kanaan Medan (2018-2019). Pimpinan Perguruan PKMI 2 Kisaran Asahan (2019-2021). Gembala Sidang GMI Kanaan Medan (2021-2022). Pimpinan Perguruan PKMI Pangkalan Brandan dan Gembala Sidang GMI Pangkalan Brandan (2022- sekarang) Tinggal di Pangkalan Brandan Langkat dan melayani bersama istri Pdt. Delima Li En dan dikaruniai seorang anak Daud Kharis Delvidson Kandar.

Blog Archive

Monday, April 14, 2014

HOSANA BAGI SANG RAJA



Matius 21:1-11

Mat 21:1  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya
Mat 21:2  dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.
Mat 21:3  Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya."
Mat 21:4  Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi:
Mat 21:5  "Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."
Mat 21:6  Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka.
Mat 21:7  Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesuspun naik ke atasnya.
Mat 21:8  Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan.
Mat 21:9  Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"
Mat 21:10  Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"
Mat 21:11  Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

A.    PENDAHULUAN.
Sebagai orang percaya kita harus benar benar meneladani Tuhan Yesus baik dari perkataan dan perbuatan kita.  Karakter Yesus lah yang harus kita teladani, ketika banyak orang mencaci maki dan berusaha untuk menyalibkanNya, sedikitpun Ia tidak membalasNya, Yesus tidak membiarkan caci maki dan ancaman serta perbuata n orang jahat masuk ke dalam hatinya dan menguasai hatiNya, namun sebaliknya Ia mengasihi, mengampuni dan bahkan menyelamatkan manusia dari segala dosa dosanya.

Pelayanan dan kehidupan Yesus yang walaupun Ia adalah Anak Allah yang memiliki kuasa dan wewenang Illahi tidak serta merta Ia menggunakan kekuasanNya dan kedaulatanNya. Tetapi Ia tampil sederhana, kehadiranNya di dalam dunia membawa perubahan dan membawa damai sejahtera.
Bukan hanya itu, kesetiaan dan kepatuhanNya kepada Bapa yang mengutusNya itu juga yang patut kita teladani, mengapa ? karena kita hamba/ Anak Tuhan yang tentunya kita harus hidup dari buah pelayanan yang Yesus ajarkan. Menjadi hamba, merendahkan diri dan bersedia memberi diri secara total  dengan ketaatan dan mau diperbaharui senantiasa dalam Tuhan dan bersedia menghadapi tantangan  dalam bersaksi menyaksikan karya Kristus dalam hidup kita untuk semua orang.

B.     ISI
Dalam nats bacaan kita saat saat pra paskah dan saat saat passion memberikan kita pemahaman tentang beberapa hal yang saya bagi menjadi 3 hal (bagian):
  1. Persiapan kedatangan Yesus, (Ayat 1-3)
Mat 21:1  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya
Mat 21:2  dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.
Mat 21:3  Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya."

Sebelum Yesus memasuki kota Yerusalem, terlihat bahwa Yesus  denga sengaja singgah di Betfage. (Betfage : suatu tempat di Palestina), hal ini mengindentifikasikan kepada kita bahwa Yesus bukan hanya lewat tetapi Yesus mengetahui ada yang harus dilakukan di Betfage.
Dalam bacaan kita, Yesus menyuruh 2 muridNya  untuk pergi ke kampung yang ada di depannya dan mengambil seekor keledai betina.  Dan ini memberikan penjelasan bahwa Yesus mengetahui keberadaan ciptaanNya, dia tahu bahwa di depan kampung sana ada keledai.
Dan Yesus mengantisipasi murid-murid yang dikirimnya apabila ada yang menegur dan ditanya ketika mengambil keledai itu yang notabenenya bukan miliknya, maka murid muridnya harus mengatakan “Tuhan memerlukanNya dan akan mengembalikannya”. Ini mengajarkan kejujuran dan keterbukaan bahwa apa yang dipinjam akan dikembalikan.
(Ini pemahaman sederhana dari ayat 1-3)

  1. Nubuatan dan penggenapan (ayat 4-5)
Dalam kitab Zakharia 9:9-10;
Zec 9:9  Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.
Zec 9:10  Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem; busur perang akan dilenyapkan, dan ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa. Wilayah kekuasaannya akan terbentang dari laut sampai ke laut dan dari sungai Efrat sampai ke ujung-ujung bumi.

Nabi Zakharia sudah menubuatkan bahwa Mesias akan datang dengan lemah lembut dan dengan mengendarai keledai, bukan dengan kuda yang selalu dipakai untuk berperang. Keledai dikenal dengan stamina dan kemampuannya yang kuat  dalam mengangkat beban berat, merupakan binatang tunggangan pilihan bagi kaum bangsawan di dunia Alkitab.
Keledai adalah lambang dalam PL sebagai gambaran binatang yang mudah dijinakkan dan sebagai symbol kemanusiaan dan kedamaian, sedangkan ada penafsir lain mengatakan bahwa symbol keledai adalah simbol bangsa Israel dan keledai yang terikat adalah simbol Israel yang terikat hukum Taurat. (Harafiah)
Maka ketika Yesus mengendarai keledai ini merupakan simbol kedatanganNya sebagai raja Damai. Yesus tidak datang dengan murka dan dendam tetapi IA datang dengan lemah lembut dan belas kasihan dan datang sebagai pembebas.
Makna kedatanganNya yang sederhana ini memberikan pemahaman bahwa orang yang kecil dan miskin boleh berbesar hati datang kepadaNya tidak dengan ketakutan.

  1. Yesus memasuki Yerusalem dan respon banyak orang (ayat 6-11)
Mat 21:6  Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka.
Mat 21:7  Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesuspun naik ke atasnya.
Mat 21:8  Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan. Mat 21:9  Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"
Mat 21:10  Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"
Mat 21:11  Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

Dalam ayat 6, murid murid Yesus pergi dan berbuat seperti yang ditugaskan kepada mereka, hal ini menunjukkan bahwa kedua murid tersebut pergi tanpa protes, mereka langsung mengerjakan tugasnya tanpa bersungut sungut dan tanpa kuatir karena Yesus menjamin perjalanan mereka. Ini penting sebagai teladan bagi kita dalam mengerjakan setiap tugas yang diperintahkan Yesus.

Respon orang banyak,( ayat 8-11)
  1. Mereka menghamparkan pakaiannya dijalan.
  2. Ada yang memotong ranting ranting dari pohon dan menyebarkan dijalan
  3. Mereka menyambut Yesus yang dianggap sebagai Mesias dan Raja yang akan menyelamatkan mereka dari penjajahan Romawi. Karena dalam diri mereka dengan pernyataan penghormatannya ini mengungkapkan harapan bahwa Yesus yang mereka sambut adalah Raja yang akan membebaskan dan memerintah Israel.
Dan ini adalah sebagai gambaran untuk penghormatan bagi Raja.
(Bandingkan 2 Raja Raja 9:13)
2Ki 9:13  Segeralah mereka masing-masing mengambil pakaiannya dan membentangkannya di hadapan kakinya begitu saja di atas tangga, kemudian mereka meniup sangkakala serta berseru: "Yehu raja!"

Bahkan dalam ayat 9, dikatakan oleh orang orang “Hosana bagi anak Daud, diberkatilah Dia yang  datang dalam nama Tuhan”.
Perkataan dan penyambutan ini memberikan berapa pemahaman.

  1. Penyambutan mereka terhadap kerajaanNya dengan mengatakan HOSANA, memberikan pemahaman bahwa : Kata Hosana dalam bahasa Ibrani berarti “Hosiana” Save now ; selamatkanlah sekarang.
Kata-kata dalam ay 9 itu diambil dari Maz 118:25-26. Maz 118:25 oleh NIV  diterjemahkan sebagai berikut: “O LORD, save us” (= Ya TUHAN, selamatkanlah kami).
Secara  hurufiah, terjemahannya  seharusnya adalah:  “O LORD save now” (= Ya TUHAN selamatkanlah sekarang).
Jadi dari artinya, terlihat bahwa kata ‘Hosanna’ ini sebe­tulnya merupakan suatu istilah dalam doa / permohonan. Tetapi akhirnya, kata ini menjadi suatu istilah yang menyatakan sukacita dan pujian kepada Tuhan, dan  karena itulah maka pada saat itu lalu diucapkan kepada Yesus.

HAL-HAL YANG PENTING DALAM CERITA INI:
a)   Apa yang Yesus lakukan di sini merupakan proklamasi besar-besaran bahwa Ia adalah Mesias / Raja (ay 4-5  bdk. Zakh 9:9 yang merupakan nubuat tentang Mesias / Raja).
Yesus berulangkali melarang murid-muridNya memberitakan bahwa Ia adalah  Mesias, karena saat itu belum waktunya. Tetapi sekarang, pada saat waktunya sudah tiba, Ia sendiri memberitakan hal itu secara besar-besaran. Dikatakan ‘secara besar-besaran’ karena Ia melakukan hal itu di Yerusalem, dan Ia melakukannya menjelang Paskah (Ini Paskah Perjanjian Lama, yaitu peringatan keluarnya Israel dari Mesir) dimana semua orang Yahudi pergi ke Yerusalem.
b)   Tindakan Yesus ini menyebabkan rakyat menyambut dengan antusias. Ini menyebabkan tokoh-tokoh Yahudi makin marah dan membenci Yesus dan merencanakan untuk membunuh Yesus. Hal ini pasti disadari oleh Yesus, tetapi Ia melakukannya dengan sengaja, supaya Rencana Allah ten­tang kematianNya di atas kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita bisa terlaksana. Jadi, sebetulnya bagian ini penting sekali, karena tanpa adanya hal ini, Rencana Allah tentang penebusan dosa manusia tidak akan terlaksana.
c)   Tindakan Yesus ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan kesalahan konsep Yahudi tentang Mesias (Orang Yahudi beranggapan bahwa Mesias adalah seorang raja duniawi). Karena itulah maka Yesus masuk ke Yerusalem menggunakan seekor keledai, bukan seekor kuda atau jerapah (bandingkan dengan ajaran Theologia Kemakmuran yang mengharuskan orang kristen menjadi kaya sehingga bisa naik mobil mewah!).
Apa artinya naik keledai?
·     William Barclay mengatakan bahwa keledai bukanlah binatang tunggangan yang hina. Keledai juga dipakai oleh raja / pemimpin, tetapi dipakai dalam keadaan damai (Hak 5:10 & 10:4). Sedangkan kuda dipakai dalam keadaan perang. Jadi, Yesus menyatakan diri sebagai Mesias / Raja dengan menunggang keledai, menun­jukkan diriNya sebagai Raja damai.
·      Calvin: Yesus naik keledai, bukan kuda. Disamping itu keledainya keledai pinjaman. Lagi pula keledainya tidak punya pelana sehingga harus dialasi dengan pakaian. Ini semua menunjukkan kemiskinan dan kerendahan hati.
Saya lebih menyetujui penafsiran ini, karena lebih cocok dengan kontex (kata ‘lemah lembut’ dalam ay 5, dalam bahasa Yunaninya adalah PRAUS. Ini adalah kata yang sukar sekali diterjemahkan. Tetapi salah satu arti dari kata itu adalah ‘rendah hati’).
Dengan demikian, terlihat dengan jelas bahwa sekalipun Yesus di sini  menyatakan diri sebagai Mesias / Raja, tetapi Ia sekaligus menunjukkan bahwa diriNya bukanlah raja duniawi, dan kerajaanNya bukanlah kerajaan duniawi! Kita semua mempunyai seorang Raja yang bukan raja duniawi. Jadi, patutkah kalau kita hidup untuk dunia?

PERENUNGAN:
  1. KESETIAAN DALAM TUGAS BAPA.
-          Satu waktu Yesus dielu elukan sebagai Raja, kemudian hari orang yang sama meneriakkan “Salibkan dia, salibkan dia”. Ada dua pilihan dalam diri Yesus, melakukan kehendak Bapa mati diatas kayu salib? Ataukah berpaling dari kehendak Bapa?....
  1. SEBAGAI PRIBADI YANG RENDAH HATI.
-          Semua orang pada saat itu mendambakan Mesias yang datang adalah seorang raja yang mampu membebaskan mereka dari penjajahan Romawi.  Tetapi dalam teks yang kita baca jauh sekali berbeda dengan yang didambakan oleh orang orang, yang datang Yesus dalam kesederhanaan menunggang keledai.
  1. KEPATUHAN KEPADA ALLAH BAPA
-          Dalam menjalankan misiNya Yesus patuh kepada kehendak Allah Bapa.
Ilustrasi untuk menggambarkan kepatuhan:
Pada suatu hari ada seorang raja yang pulang tengah malam dari sebuah tugas penting. Cuaca pada saat itu sangat dingin, sehingga kota tersebut sangat dingin sekali. Ketika Raja itu melewati pintu gerbang kota, ada seorang penjaga yang sedang dalam posisi tertidur dan mukanya ditutup topi. Biasanya jika Raja lewat penjaga yang menjaga gerbang akan mengatakan “Hormat kepada paduka” sambil membuka topi, tetapi si penjaga ini tetap tertidur dan Raja menyuruh panglima menghukum penjaga tersebut. Ketika panglima membuka topinya ternyata penjaga itu sudah mati. Dia mati dalam tugasnya, walaupuan cuaca dingin dan dalam kondisi sakit, tapi ia patuh akan tugasnya. Dan akhirnya sang Raja mengambil topinya dan menggantikan dengan mahkota Raja.
Walaupun mahkota itu dipakai kan hanya sebentar, karena penjaga yang mati itu patuh akan tugas maka dia mendapat kehormatan dari kepatuhannya.
                     
Oleh karena itu mari kita meneladani Yesus dengan patuh dan tidak gentar menghadapi penolakan dan tekanan dunia ini, karena Allah menyertai kita dan akan menyiapkan mahkota kehidupan bagi kita. Amin.

No comments: